Thursday, February 21, 2019

Iklan Banner Atas

Wapres JK: Erick Thohir Cocok Jadi Ketum PSSI

Rate this item
(0 votes)

JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, RABU (30/01/2019): WAKIL Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai sosok pengusaha Erick Thohir cocok jadi Ketua Umum PSSI, sebab mantan presiden klub Inter Milan tersebut cocok lantaran berpengalaman di dunia sepak bola. Bahkan, Erick Tohir memenuhi kriteria sebagai Ketua Umum PSSI menggantikan Eddy Rahmayadi yang mengundurkan diri.

"Mungkin yang punya pengalaman bola internasional Erick. Erick lagi Erick lagi. Ya kalau kriteria yang saya katakan tadi, punya pengalaman yang baik. Itu punya waktu yang baik," kata JK di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (29/1).

Dilanjutkan, sebagai mantan Presiden Inter Milan, Erick dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola organisasi olah raga. "Sekarang banyak generasi muda yang baik. Mungkin yang punya pengalaman bola internasional ya Erick. Erick lagi, Erick lagi," ujar JK

Menurut JK, untuk menjadi Ketum PSSI harus memiliki kemampuan memimpin yang kuat dan tidak semata mencari keuntungan. "Dan Erick Thohir merupakan sosok yang cocok untuk menjadi Ketua Umum PSSI. Karena Punya juga pengalaman di organisasi bola. Ya kalau kriteria itu, [Erick] punya pengalaman yang baik," katanya.

Di sisi lain, JK enggan menanggapi lebih jauh saat disinggung soal keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang menyatakan kesiapan menjadi Ketum PSSI. Ia menegaskan bahwa kemampuan mengelola organisasi olah raga menjadi salah satu syarat penting untuk memimpin PSSI.

Apalagi pemilihan ketua tersebut juga harus melalui proses dari PSSI di daerah-daerah. "Jadi harus punya pengalaman di sepak bola. Apakah pernah jadi pengurus, pemain, atau apalah supaya mengerti bola," tutur JK.

Ketum PSSI yang terpilih, lanjut JK, juga harus mampu memperbaiki prestasi PSSI mengingat dalam pertandingan Piala Asia beberapa waktu lalu Indonesia hanya sampai babak penyisihan. "Sekarang tanpa pengetahuan atau pengalaman sepak bola, bagaimana bisa perbaiki prestasi PSSI?" katanya sambil menyerahkan sepenuhnya kepada pihak PSSI. "Tergantung pada masyarakat dan PSSI punya hak suara," kata JK.

Eddy sebelumnya mengundurkan diri sebagai Ketum PSSI dalam Kongres yang digelar pertengahan Januari lalu. Posisinya saat ini digantikan oleh wakilnya, Joko Driyono.

Diketahui Edy Rahmayadi mundur dari kursi Ketua Umum PSSI. Sejumlah calon kuat pun bermunculan, di antaranya, Erick Thohir, Djoko Driyono sampai Moeldoko. Namun, rupanya, ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar juga berminat. Hal itu diungkapkan dalam postingan twitternya, @cakimiNOW.

Mantan Menakertrans era Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) ini ingin membuat sepak bola Indonesia lebih baik lagi. "Saya siap memimpin PSSI, biar beres, biar berprestasi, masuk gelanggang dunia," kata Cak Imin di twitternya beberapa waktu lalu.

Jika terpilih, Wakil Ketua MPR itu menjanjikan revolusi total kepengurusan PSSI. Dia mengatakan, masalah di PSSI saat ini seperti transparansi, dan masalah pembinaan di daerah. "Total total revolusi PSSI, kita seleksi dan revitalisasi semua yang positif kita teruskan yang negatif kita tinggalkan," ucapnya.

Disinggung posisinya di partai politik, Cak Imin merasa tak gentar dengan kritikan masyarakat. Dia mengaku hanya siap saja jika diberikan amanah. "Namanya dibutuhkan ya ayo, kalau enggak ya enggak apa-apa. Masih panjang kan," ucap dia. (NNG)



Read 17 times