Iklan Banner Atas

Lomba Cipta Lagu Jokowi: Cara Kreatif Pendukung 01 Semarakkan Kampanye

Rate this item
(0 votes)

JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SENIN (08/04/2019) - Pendukung Jokowi punya cara yang inovatif dan kreatif dalam menyemarakkan suasana masa kampanye. Pendukung Capres nomer urut 01, yang tergabung daam Komunitas Pecinta Budaya Indonesia (Kopi Budi) menggelar Lomba Cipta Lagu Jokowi, yang digelar di pusat perbelanjaan Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, Ahad (7/4/2019).

Masyarakat dan pengunjung sangat antusias menikmati acara ini yang digelar sejak Ahad siang hingga malam hari, tak ada yang beranjak dari tempat duduknya karena dihibur dengan lagu-lagu menarik, inovasi serta memberikan semangat untuk memenangkan Paslon Petahana Jokowi. Apalagi acara ditutup dengan penampilan NAFF yang melantukan "Akhirnya Ku Menemukanmu".

Sejak pendaftaran dibuka pekan lalu, sebanyak 45 peserta dari pengamen jalanan, mahasiswa, group band indie, penyanyi Betawi yang non profesional tampil menyajikan berbagai karyanya yang sangat unik dan menarik.

Hasilnya Lagu berjudul "Indonesia Semakin Maju" yang dibawakan Group Lakon 30, menang dalam Lomba Cipta Lagu Jokowi dan berhak mengantongi hadiah Rp20 juta. Lagu berdurasi 3 menit ini, juga berkesempatan emas didendangkan dalam "Apel Akbar Kesetiaan Relawan Buruh Sahabat Jokowi" di Soreang, Bandung pada 9 April 2019.

Hadiah Rp 20 juta langsung diserahkan Fiki Satari dan Edy Prasetyo (Tim Kampanye Jokowi- Amin). Sedangkan juara 2 Arman Suwandi dengan hadiah Rp 15 juta dan juara tiga Fajar Wicaksana dengan hadiah Rp 10 juta. Sedangkan juara harapan 1 STB Airvotik, 2 Yossi dan Do re mi ga so la si do. Panitia juga menyediakan hadiah untuk kategori Best Kostum (Melati), Aransement (Obie Joe), Vocal (Yossi) dan Favorit (Yulius).

"Peserta berasal dari berbagai latar belakang, ada musisi, mahasiswa hingga pengamen jalanan. Mereka tak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis, untuk mengikuti kegiatan ini. Tiap peserta dibebaskan memilih jenis musik yang dibawakan, asal sesuai tema,” papar Ketua panitia pelaksana Ferry Hikmat

Dijelaskan tiap peserta dibebaskan memilih jenis musik yang dibawakan, asal sesuai tema. "Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, ada suatu wadah untuk apresiasi seni. Apalagi Presiden Jokowi dikenal sangat dekat dengan seniman dan budayawan, hal ini juga yang mendorong kami menyelenggarakan acara ini," tutur dia.

Pembina Kopi Budi Andi Gani Nena Wea berharap Lomba Cipta Lagu Jokowi mampu melahirkan pencipta lagu handal.  "Kegiatan ini semoga berkontribusi melahirkan para musisi terutama pencipta lagu yang dengan karya musik terbaik," ucapnya.

Selain itu, sambung dia, kegiatan ini sangat positif ketimbang menyebarkan hoaks, mengumbar kebencian di media sosial dan aktivitas negatif untuk mengadu domba, lebih baik mengarang lagu yang sangat positif.  "Siapa tahu karena ciptaanya dan suaranya yang ditampilkan dan menginspirasi orang lain untuk berbuat lebih bagus. Juga siapa tahu mereka akan menjadi tenar di kemudian hari. Semoga," sambungnya.

Sammy, salah satu peserta mengatakan dirinya antusias terlibat dalam kompetisi menciptakan lagu bernuansa Jokowi. Ia bahkan sejak pagi hadir di lokasi. Dengan lagu yang telah disiapkan satu bulan sebelumnya, pria asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) berharap memenangi lomba.  "Saya sudah dari jam 07.00 WIB pagi di tempat ini, biar enggak telat dari Jakarta Pusat," kata dia.

Yossie, salah seorang pemenang mengaku menciptakan lagu bertema Jokowi sudah disiapkan sebulan lalu, "Ternyata ada lomba cipta Lagu Jokowi saya bersama teman-teman mengikuti dan senang saja karena acara ini sangat positif," jelasnya. (ENDI)


Read 10 times