Iklan Banner Atas

Indonesia Sajikan Kostum Mitologi Jawa di Miss Intercontinental 2019

Rate this item
(0 votes)

JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SELASA (8/1/2019): Sebelum bertolak ke Manila, Filipina, Selasa (8/1/2019), mengikuti masa karantina bersama 90 finalis lain di ajang Miss Intercontinental 2019, runner-up Miss Earth Indonesia 2018, Aluna Rifani, sempat memamerkan kostum nasional yang dibawa serta ke kontes kecantikan bergengsi.

Lewat unggahan di akun Instagram-nya @alunarifani, mahasiswi Universitas Gajah Mada jurusan Hubungan Internasional itu memperlihatkan busana ber-tittle, The Origin of Indonesian Mythology "Nagini: The Magical Jewel Encrusted Mask and The Scales of Gold".

Di keterangan foto, Aluna Rifani menuliskan, Nagini atau Nagagini berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Naga yang merujuk pada makhluk Mitologi dan Gini berarti putri. Dalam cerita Wayang, Nagagini dikisahkan sebagai perempuan cantik yang memiliki kemampuan berubah menjadi ular raksasa karena ayahnya merupakan Dewa Ular.

Kekuatan supernatural yang dimiliki Nagini diceritakan berada di kulit dan topeng emas yang terbuat dari batu ajaib, di mana ia bisa bercahaya ketika Nagini marah. Cerita ini sudah dikisahkan sejak lama dan beberapa orang percaya deskripsinya terdapat di teks-teks Jawa kuno, yakni terdapat Naga setelah perempuan, setelah ular raksasa.

Makhluk mitologi Jawa ini pun dijadikan inspirasi atas kostum nasional rancangan Eggie Jasmin Couture Artisan yang terlihat begitu magis saat dikenakan Aluna Rifani. Detail busana yang siap menambah kemeriahan ajang Miss Intercontinental 2019 itu pun mengundang decak kagum tak sedikit penghuni dunia maya.

Didominasi warna cokelat dalam berbagai gradasi, juga sentuhan merah di sana-sini, busana ini memakai detail berupa kristal di beberapa bagian, terutama riasan kepala. Tampilannya makin menawan dengan pemakaian knee-boots senada.

Deretan busana lain yang akan dipakai di ajang Miss Intercontinental 2019 juga sempat diperlihatkan, di mana keseluruhan warna yang dipilih bakal menonjolkan kulit eksotis Aluna.

Aluna Rifani mengaku siap menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Intercontinental 2019. Perempuan berusia 21 tahun ini akan menjalani masa karantina bersama 90 finalis dari seluruh benua pada 7 hingga 25 Januari 2019. Hingga malam puncak penobatan Miss Intercontinental 2019 berlangsung pada 26 Januari 2019 di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina.

Segala upaya dan beragam persiapan pun dilakukan Aluna mulai dari mental, fisik, catwalk, hingga busana yang akan dikenakan nanti yang merupakan besutan sederet desainer ternama seperti Anaz Khairrunaz, Windy Chandra, Lukman Abadi yang akan merancang busana evening gown Aluna, juga Inggi Kendran yang fokus pada national costume demi memperkenalkan Indonesia pada dunia.

Memiliki kulit sawo matang nan eksotis membuat para perancang busana seperti Windy Chandra dan Lukman Abadi memilih dominasi warna biru untuk dipakai Aluna. "Melihat kulitnya yang eksotis, justru warna biru bisa membuat aura Aluna lebih terlihat lagi saat di atas panggung," tutur Windy Chandra seperti dilansir bisniswisata.co.id, Selasa (8/1/2019)

Selain biru, Lukman Abadi juga menambahkan beberapa varian warna seperti maroon, silver, dan putih di busana yang akan diboyong Aluna Rifani ke ajang Miss Intercontinental 2019, sedangkan Anaz Khairrunaz akan menampilkan warna terang seperti kuning dan merah. (NANG)

 

Read 8 times