Wednesday, November 21, 2018

Iklan Banner Atas

Video Turis Mengais Makanan dari Tong Sampah di Bali Jadi Viral

Rate this item
(0 votes)

DENPASAR, JAVANEWSONLINE.COM, SENIN (22/10/2018): VIDEO mempertontonkan  seorang wisatawan mancanegara ( wisman) mengais makanan dari tong sampah viral di Bali, menjadi viral. Dalam 3 video yang masing-masing berdurasi 19, 17 dan 16 detik tersebut, tampak setelah mengais tong sampah, wisman yang berpeci putih, membawa rangsel dipungunya, bercelana dan berkaos tangtop mengambil sisa makanan yang sudah dibuang untuk dimakan.

Video aksi pertama wisman diduga dari Bulgaria tersebut berdurasi 19 detik. Dia terlihat mengais-ngais tong sampah berwarna biru. Dia tampak menemukan buah-bahan dari tong sampah lalu dimakan. Selang beberapa saat, dia meninggalkan tong sampah tersebut.

Lalu turis asing itu bergeser ke tong sampah lainnya, tak jauh dari tempat sampah pertama. Di tong sampah kedua, wisman yang mengenakan celana pendek tersebut kembali mengambil sisa makanan. Tanpa mempedulikan orang-orang di sekitar, dia mengonsumsi makanan yang diambil dari tempat sampah.

Aksi wisman tersebut direkam dan diunggah oleh Dwikayanthi Pudjha di akun Facebook miliknya pada Sabtu (20/10/2018). Peristiwa ini terjadi di depan Pollok Artshop-Museum Leemayour, Pantai Sanur, Bali.

Dwikayanthi mengatakan, sesungguhnya wisman tersebut sudah terlihat mondar-mandir sehari sebelumnya. Tapi dia tidak menyangka bahwa turis asing itu nekat mengais makanan di tong sampah. "Seperti yang di video, dia jelas sekali makan di tong sampah," kata Dwikayanthi seperti dikutip laman Kompas.com, Senin (22/10/2018) sore.

Menurut Dwikayanthi memang sempat beredar informasi ada wisatawan asal Latvia yang hilang. Namun setelah video tersebut ditunjukkan ke pihak keluarga, ternyata bukan dia.

Dwikayanti sendiri mengaku tidak sempat mengajak ngobrol wisman tersebut. Ia menyayangkan ada wisman yang luntang-lantung di Bali sampai mengais makanan dari tong sampah. "Saya pernah keluar negeri, harus ada saldo minimal di rekening. Tapi ini kok ada wisatawan yang ngegembel, miris juga lihatnya," ujar Dwikayanti.

Ditempat terpisah, Kapolsek Ubud Kompol Raka Sugita langsung menerjunkan personil untuk menelusuri pria yang mengais sampah yang viral di media sosial. Apalagi ada laporan masuk ke Polsek Ubud bahwa ada turis asal Republik Latvia bernama Gatis Baumanis, dinyatakan hilang oleh keluarganya hingga kini masih misterius.

"Seorang turis yang videonya mirip dan diduga Gatis Baumanis di Pantai Sanur, rupanya bukan Gatis setelah Kami koordinasi dengan Polsek Denpasar Selatan,” ujar Kompol Raka Sugita Senin (22/10).

Polisi langsung mencari turis yang makan dari mengorek-ngorek makanan sisa di tong sampah itu. “Unit Lidik ke wilayah Denpasar Selatan (Densel), mengecek bersama orang tua dari Baumanis. Ketemu di Densel, ternyata itu bukan Baumanis,” tegas Kompol Raka.

Dilanjutkan, turis gelandangan itu bukan dari Republik Latvia. “Itu (turis gelandangan, red) wisatawan asing asal Bulgaria,” jelasnya. Walau bukan Gatis, namun pihak kepolisian tetap memburu Gatis Baumanis.

“Kami tetap mengadakan pencarian bersama anggota Polsek Densel,” tukasnya.  Polisi juga telah menyebarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait Gatis. Ciri-ciri Gatis setinggi 192 cm, rambut ikal, warna kulit putih, telinga bulat lebar dan hidung mancung. Gatis memiliki bentuk muka lonjong  dan bentuk badan sedang. (MUS)

Read 31 times