Iklan Banner Atas
Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistiyanto (bertopi dan berkacama hitam) Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistiyanto (bertopi dan berkacama hitam)

Agar Aman dan Damai, Kabareskrim Terjun Kawal Reuni 212

Rate this item
(0 votes)

JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, AHAD (02/12/2018): TANGGUNG JAWAB agar tetap aman selama berlangsung Reuni 212 di kawasan Monas Jakarta Pusat, Ahad (02/12), menjadi perhatian serius Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistiyanto. Jenderal bintang tiga ini terjun langsung ke lapangan. Hasilnya acara itu berjalan dengan damai, aman dan tertib.
 
Tak bisa dipungkiri, kondisi kondusif selama acara tidak lepas peran dari peserta dan aparat keamanan yang menjaga ketertiban acara.  Aparat keamanan yang dilibatkan mulai berseragam dinas hingga tidak berseragam mengawal reuni agar bisa menjaga situasi yang kondusif.

Dan aparat Polri tak berseragam dipimpin langsung Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistiyanto, yang turun langsung ke lapangan. Dengan mengenakan sepeda, memakai jaket, berkacamata hitam dan berpeci selalu mengawasi pergerakan peserta reuni agar tidak melengceng dari aturan.

Selain pengawasi gerak gerik peserta dan warga Jakarta yang menonton, Kabareskrim Polri, Komjen Pol Arief Sulistiyanto mengerahkan segenap polisi tidak berseragam, yang ada dalam otoritasnya untuk mendeteksi dini dan memonitor setiap dinamika dan gejala terjadinya gangguan kamtibmas pada saat penggelaran kegiatan reuni 212.

Berkat antisipasi serta peran Kabareskrim yang begitu strategis ternyata sampai dengan selesainya kegiatan reuni 212 tidak ada kejadian yang menonjol dan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Bersamaan dengan Reuni Akbar 212 di Monas, Car Free Day (CFD) Sudirman dibatasi hanya sampai Bundaran Senayan dan Sarinah. Pengaturan lalu lintas di area perbatasan Jl. M.H Thamrin dengan Sudirman juga terpantau tertib.

Penutupan Jalan M.H Thamrin dari CFD termasuk adanya jalur alternatif arah Tanah Abang  di Jl. K.H Wahid Hasyim merupakan tindakan antisipasi massa agar terhindar dari kemacetan kendaraan pribadi maupun Transjakarta. Disejumlah tempat tampak aparat Kepolisian, Dishub, dan petugas jalur Transjakarta ikut mengatur lalu lalang di Jl.M.H Thamrin.

“Kalau pengalihan arus lalu lintas ini itu situasional. CFD hari ini tidak ada bedanya dengan CFD-CFD yang biasanya. Dan adanya reuni akbar 212 sama sekali tidak mengganggu aktivitas CFD maupun sebaliknya,” ujar salah satu petugas Dishub, Yose.

Sementara Reuni 212 di Monas Jakarta meninggalkan sampah berserakan. Ini meunjukkan kesadaran lingkungan bersih masih sangat sangat rendah. Petugas kebersihan memperkirakan sampah mencapai 217 ton atau 588 meter3. Sampah itu paling banyak botol minuman, bungkus makanan, putung rokok hingga popok bayi, yang berserak di Monas dan sekitarnya usai acara selesai.

Kepala Dinas KLH Isnawa Adji mengatakan mengerahkan 500 petugas dari lima wilayah kota ditambah 200 petugas dan 150 PPSU. Selain itu, ditambah 230 petugas Monas. “Totalnya 1.080 petugas,” ujarnya.  Mereka membersihkan kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka, Istiqlal, Jalan Juanda, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Abdul Muis, Kebon Sirih dan kawasan Patung Tani. "Sampah yang berserak telah diangkut. Jumlahnya mencapai 217 ton atau 588 meter3," ungkapnya. (MUS)


Read 8 times