Sunday, October 21, 2018

Iklan Banner Atas

Sejumlah Restoran Larang Main Ponsel Saat Makan

Rate this item
(0 votes)

NEW YORK, JAVANEWSONLINE.COM, SENIN (10/09/2018): SMARTPHONE atau ponsel pintar saat ini menjadi perangkat tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Ke manapun pergi, ponsel pintar tak boleh ketinggalan, termasuk ketika menyantap hidangan di meja makan. Sayangnya, menggunakan ponsel pintar selagi makan juga dapat berdampak buruk. Salah satunya, kita kehilangan interaksi nyata dengan orang-orang di sekitar.

Menyadari makin banyak orang yang bermain ponsel ketika makan, baik sekadar untuk memotret makanan atau membalas chat, beberapa restoran menerapkan aturan unik. Pengunjung dilarang keras mengoperasikan ponselnya ketika sedang makan.

"Anda berjalan melewati meja dan di sana ada orang sedang bermain video gim. Ada juga yang menulis catatan bahwa dirinya sedang merayakan ulang tahun pernikahan. Mereka sama sekali tidak bicara dengan orang di dekatnya selama makan," ungkap John Winterman dari restoran Batard di Tribeca dilansir dari CBS News, Senin (10/9/2018).

Sebuah studi menyebut ponsel pintar menyebabkan kecanduan. Sekitar 50 persen orang tua dan lebih dari 70 persen anak-anak mengaku mereka merasa harus membalas komentar di media sosial atau membalas pesan singkat secepatnya setiap ada notifikasi masuk.

Winterman mengatakan seharusnya orang-orang fokus menikmati hidangan dan mengobrol satu sama lain saat sedang makan bersama. Sejauh ini Winterman belum secara tegas melarang ponsel di restorannya karena ia masih sebatas melakukan pengamatan.

Akan tetapi, sebuah restoran Italia di Queens secara terang-terangan melarang pengunjungnya bermain ponsel ketika sedang makan.
"Tidak ada ponsel di meja saat makan makan. Setiap orang harus bicara dan ini adalah rumahku. Ketika anda datang ke rumahku, restoran ini, inilah aturan yang harus ditaati," jelas Mario Gigliotti pemilik restoran Italia, Il Triangolo.

Bisa jadi aturan tersebut tidak menyenangkan untuk sebagian pengunjung. Namun Gigliotti menilai menjauhkan diri dari ponsel dan berinteraksi dengan orang lain adalah langkah penting untuk menjaga atmosfir sosial di restorannya. (MUS)

Read 14 times