Iklan Banner Atas
Ifah

Ifah

GARUT, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengikuti cukur masal yang diikuti sejumlah pejabat negara dan ratusan warga di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut pada Sabtu (19/1). Rambut Jokowi dipangkas tukang cukur langganannya, Herman yang berasal dari Banyuresmi.  

Herman sendiri sudah enam tahun menjadi pemangkas rambut Presiden. Saat tiba di Situ Bagendit, Jokowi langsung duduk di tempat yang telah disediakan. Jokowi juga sempat mengajak para pejabat yang ikut dengannya untuk dicukur bersama. Sekitar 15 menit, Jokowi dipangkas oleh Herman dan disaksikan ibu negara, Iriana Joko Widodo.  

Usai dipangkas, rambut Jokowi tampak berbeda dan tampil lebih rapih dengan gaya belah pinggir khasnya. Tak hanya Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono serta Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono juga ikut memangkas rambutnya. Sedangkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita hanya menyaksikan saat Jokowi dipangkas. 

"Pangkas rambut ini keahlian yang dimiliki warga Garut. Saat ini sudah ada 17 ribu pemangkas yang tergabung di Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut (PPRG)," ucap Jokowi usai dipangkas, Sabtu (19/1). 

Kedatangannya ke Garut juga untuk meresmikan perumahan bagi tukang cukur. Selain itu, ia juga ingin mengembangkan wisata situ Bagendit yang akan dibiayai anggaran Pemprov Jabar sebesar Rp 30 miliar. 

Banyuresmi sendiri dikenal sebagai salah satu pusat  para pemangkas rambut di Kabupaten Garut. Ribuan pemangkas dari Banyuresmi sudah tersebar ke seluruh Indonesia.

Mulai dari wilayah Pulau Jawa, Kalimantan, Bali, hingga Sumatra. Para pemangkas baru pun disalurkan orang-orang yang sudah bekerja terlebih dulu di sejumlah tempat. (REO)


MEKSIKO, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): KEBAKARAN besar terjadi setelah saluran pipa minyak ilegal dilaporkan meledak di kawasan pusat Meksiko. Ledakan di Tlahuelilpan, Negara Bagian Hidalgo tersebut menewaskan 21 orang, dan melukai 71 lainnya.

AFP memberitakan Sabtu (19/1/2019), Video yang beredar viral menunjukkan orang-orang melarikan diri dari lokasi kejadian yang berjarak 65 km di utara Mexico City itu.

Warga setempat Fernando Garcia mengungkapkan, dia keluar untuk melihat asal keributan ketika ledakan terjadi, dan bergegas membantu para korban. "Saya harus menembus potongan demi potongan orang yang sudah terbakar dan hancur berkeping-keping," beber pria 47 tahun itu.

Berdasarkan keterangan dari saksi mata, masyarakat sekitar mengumpulkan minyak yang bocor dari pipa itu menggunakan jerigen dan ember.

Gubernur Hidalgo Omar Fayad mengunggah momen ledakan itu di Twitter, dan berjanji untuk membantu warga yang terdampak. "Terbang di atas lokasi kejadian di wilayah Tlahuelilpan. Kami menerapkan langkah yang diperlukan untuk melayani orang-orang di sana," kata Fayad dikutip BBC.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador langsung menuju ke lokasi kejadian pada Sabtu dini hari waktu setempat, dan mengaku sedih dengan insiden itu. "Saya langsung memerintahkan seluruh jajaran pemerintah guna memberikan bantuan," kata Obrador dalam kicauannya di Twitter.

Pemadam kebakaran dan ambulans yang dikelola perusahaan minyak negara Pemex dikerahkan untuk membantu korban yang mengalami luka bakar. Menteri Keamanan Meksiko Alfonso menjelaskan pada tengah malam, api sudah bisa dikuasai dengan penyebab ledakan masih belum diketahui.

Meksiko diberitakan sering diguncang ledakan mematikan di pipa minyak ilegal. Sebuah bisnis berbahaya namun menguntungkan yang dikelola kartel narkoba atau pejabat Pemex yang korup.

Tragedi itu terjadi setelah Obrador yang dikenal anti-korupsi memaksakan penerapan rencana penanggulangan maling bahan bakar yang kontroversial. Pemerintah bakal menutup saluran pipa minyak utama dan mengerahkan pasukan untuk menjaga fasilitas produksi Pemex hingga masalah teratasi.

Namun, kebijakan itu malah membuat seluruh negara, termasuk ibu kota Mexico City, mengalami kekurangan pasokan bahan bakar.
Akibatnya, masyarakat harus mengantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan bahan bakar. Obrador berkata dia bakal terus melanjutkan kebijakan tersebut.

Di sisi lain, presiden yang dilantik pada 1 Desember 2018 itu meminta warga Meksiko bersabar. Penegak hukum membuka 1.700 penyelidikan pencurian minyak dan pencucian uang. (NNN)


KUALA LUMPUR,  JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): PEBULUTANGKIS Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/ Apriyani Rahayu, sukses melaju ke babak final Malaysia Masters 2019. Tiket final itu didapat setelah mengalahkan wakil Jepang dan unggulan kedua, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, Sabtu (19/1).

Geysia/Apriyani yang menjadi unggulan keempat menang rubber game dengan skor 20-22, 23-13, dan 21-19. Kemenangan ini membuat Greysia/Apriyani mampu mengakhiri "kutukan" wakil Jepang di babak semifinal.

Sejak menjuarai Thailand Open 2018, Greysia/Apriyani tercatat sudah delapan kali gagal ke final kejuaraan karena dikalahkan wakil Jepang. Delapan ajang itu adalah Kejuaraan Dunia, Asian Games (tim), Asian Games (individual), Jepang Open, China Open, Denmark Open, Perancis Open, dan Hong Kong Open.

Di partai final nanti, Greysia/Apriyani kembali akan menghadapi wakil Jepang. Satu tiket final tersisa akan diperebutkan oleh Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (1) dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (3).

Di gim pertama, kedua pasangan ini bermain cepat dan cenderung menghindari reli panjang. Saling kejar poin terjadi di awal laga. Greysia/Apriyani mampu unggul tipis 11-10 saat interval. Selepas jeda, Greysia/Apriyani langsung tancap gas dan mampu mencetak empat poin beruntun hingga kedudukan 15-10.

Pertandingan menjadi semakin menarik saat Misaki/Ayaka mampu mengejar dan menyeimbangkan kedudukan menjadi 18-18. Selepas poin ini, pertahanan Greysia/Apriyani mulai goyah. Misaki/Ayaka yang sudah menemukan momentum mampu mengakhiri gim pertama dengan skor 22-20.

Di gim kedua, Greysia/Apriyani mampu memaksa Misaki/Ayaka bermain lebih cepat. Greysia mampu mendikte permainan dengan penempatan bola yang baik di depan net. Greysia/Apriyani kembali unggul saat interval kali ini dengan skor 11-7. Permainan Greysia/Apriyani kian tak terbendung dan memaksa Musaki/Ayaka memainkan gim ketiga lewat kemenangan 21-13.

Pada gim penentuan, pertandingan semakin ketat hingga kedudukan imbang 5-5. Reli-reli panjang juga baru terjadi pada gim ketiga ini.
Misaki/Ayaka untuk pertama kalinya pada laga ini unggul saat interval dengan kedudukan 11-9.

Greysia/Apriyani yang memilih bermain menunggu mampu berbalik 14-13 selepas jeda. Greysia/Apriyani yang terus menekan mampu menjaga keunggulan hingga 18-16. Pada poin krusial ini, Greysia/Apriyani menunjukkan mental bertanding yang baik sehingga mampu mengakhiri laga dengan kemenangan 21-19. (NNG)


GARUT, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, dirinya mendapatkan banyak mendapat keluhan mengenai kemacetan lalu lintas yang sering kali terjadi wilayah Garut, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, menuju ke Tol Cileunyi (Cipularang – Padeleunyi).

Untuk itu, Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah sudah memutuskan akan membangun jalan tol Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya, Cigatas, tahun ini juga.

“Ini adalah hadiah untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya yang saya cintai. Itu jangan sampai nanti ada suara-suara masuk ke saya, ke Pak Gubernur macet, macet, macet. Jadi sudah ada penetapan lokasi, inshaallah segera dimulai. Tapi saya jamin tahun ini dimulai,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan 257 sertifikat untuk masjid, mushala, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan, di Masjid Besar Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1)

Direktur Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, rencana pembangunan Tol Cigatas telah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Pihaknya mengharapkan pengerjaan dapat segera dimulai dalam waktu dekat.

“Bila sudah beroperasi nantinya, kendaraan yang akan menuju Bandung atau wilayah Selatan lainnya dapat melintas ruas tol tersebut. Jalur tersebut akan menjadi pilihan baru bagi masyarakat selain rute tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi,” kata Sugiyartanto saat menerima kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di kantornya, Jakarta, Rabu (16/1) lalu.

Saat ini, menurut Sugiyartarto, proyek tol tersebut sedang memasuki tahap penetapan lokasi (penlok). Penlok dilakukan oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk segera diajukan ke Pemprov Jabar. “Desain rutenya sedang disiapkan, nanti ini juga akan diteruskan sampai Cilacap,”  ujar Sugiyartanto sebagaimana dikutip laman www.pu.go.id, hari ini.

Dengan diteruskan hingga ke Cilacap, tol tersebut nantinya akan menghubungkan daerah Gedebage-Majalaya-Garut-Kota Tasikmalaya-Kabupaten Tasikmalaya-Ciamis-Banjar. (SET)


GARUT, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memutuskan membebaskan terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir (81 tahun) dari sisa masa tahanan yang harus dijalaninya di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Keputusan ini disampaikan oleh pengacara Yusril Ihza Mahendra saat berkunjung ke Lapas Gunung Sindur, Jumat (18/1) siang.

Presiden Jokowi mengatakan, keputusan pembebasan Abu Bakar Baasyir itu dilakukannya atas pertimbangan kemanusiaan. “Ya artinya beliau kan sudah sepuh, sudah, apa, pertimbangannya kemanusiaan dan sudah sepuh, termasuk kondisi kesehatan,” kata Presiden dalam kunjungannya di Garut, Sabtu (19/01/2019).

Menurut Presiden, keputusan tersebut merupakan hasil pertimbangan Ini yang sudah lama, ssudah sejak awal tahun yang lalu, pertimbangan lama, Kapolri, Menko Polhukam dan pakar-pakar, terakhir dengan Pak Prof Yusril Ihza Mahendra.

Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin, Ade Irfan Pulungan mengatakan pembebasan Abu Bakar Baasyir bukan strategi politik Jokowi menuju Pemilihan Presiden 2019. Ia mengatakan tidak tepat bila berpikir politis di atas kepentingan kemanusiaan.

Irfan mengatakan kepentingan menyelamatkan nyawa seseorang lebih penting, ketimbang berpikir politis, mengingat kondisi kesehatan Baasyir yang semakin menurun. "Ya mana yang harus didahulukan? Menyelamatkan seseorang, atau berpikir secara politik?" kata Irfan saat dihubungi, Jumat 18 Januari 2019.

Irfan menambahkan Jokowi memiliki hak diskresi untuk membebaskan Baasyir, karena alasan kemanusiaan karena Baasyir selama masa pidananya kerap sakit dan memerlukan pengobatan. Selain itu, menurut Irfan, ada juga permintaan agar Baasyir lebih diperhatikan.

Ia heran masih ada yang mempermasalahkan pembebasan Baasyir. "Ini adalah penghormatan, dan apresiasi kepada Abu Bakar Baasyir." Namun Irfan tak menampik pembebasan Abu Bakar Baasyir dapat menepis penilaian terhadap Jokowi kerap mengkriminalisasi ulama sebagai sesuatu yang tak benar.

Abu Bakar Baasyir sendiri sudah menjalani pidana kurungan selama sembilan tahun di Lapas tersebut dari putusan masa hukuman 15 tahun pada 2011 karena terbukti menjadi perencana dan penyandang dana pelatihan kelompok bersenjata di pegunungan Jantho, Aceh, pada 2010.

Abu Bakar Baasyir divonis 15 tahun penjara pada 16 Juni 2011. Berikut kronologi upaya pembebasannya.

16 Juni 2011

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan pidana 15 tahun penjara dengan tuduhan membiayai pelatihan militer di Aceh senilai Rp 1,39 miliar.

7 Juli 2011

Pengadilan Tinggi Jakarta meringankan hukuman Baasyir menjadi 9 tahun penjara.

November 2011

Tim Pengacara Muslim yang mendampingi Baasyir mengajukan kasasi.

27 Februari 2012

Mahkamah Agung menolak kasasi Baasyir. Putusan MA menyatakan bahwa dia harus menjalani hukuman selama 15 tahun. Ia dipenjara di Lapas Nusakambangan.

4 April 2018

Abu Bakar Baasyir menolak untuk dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur. Dua pekan setelahnya, Ba’asyir menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

21 Juni 2018

Mendapat remisi hari raya Idul Fitri dengan pengurangan masa hukuman 1 bulan 15 hari.

17 Agustus 2018

Ia kembali mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan selama 4 bulan. Ia berhak mengajukan permohonan pembebasan bersyarat. Pertimbangannya, ia telah menjalani dua pertiga masa tahanan dan berkelakuan baik.

13 Desember 2018

Baasyir telah memenuhi perhitungan dua pertiga masa hukuman untuk mekanisme pembebasan bersyarat.

18 Januari 2019

Yusril Ihza Mahendra mengatakan Presiden Jokowi telah menyetujui untuk membebaskan Baasyir dengan alasan kemanusiaan. (MUS)





JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Januari 2019 menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor. 7/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Provinsi Jambi. Keppres pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi itu telah diserahkan ke Pemprov Jambi untuk ditindaklanjuti.

“Keppres Pemberhentian Zumi Zola sebagai dasar hukum bagi DPRD Provinsi Jambi untuk melakukan Paripurna pengumuman pemberhentian,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar dalam keterangan resminya yang dilansir Setkab.go.id, Sabtu (19/01/2019).

Dengan demikian, terang Kapuspen Kemendagri itu, Keppres pemberhentian politikus PAN itu bisa menjadi dasar hukum bagi DPRD Provinsi Jambi untuk melakukan Rapat Paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur Jambi secara tetap.

Selanjutnya DPRD Provinsi Jambi dalam agenda rapat paripurna tersebut juga akan mengusulkan pengangkaran Wakil Gubernur Jambi yang saat ini Plt. Gubernur Jambi menjadi Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola dengan melanjutkan sisa masa jabatannya sampai dengan Tahun 2022.

Bahtiar juga ungkapkan melalui  rapat paripurna juga usulkan pemberhentian Wakil Gubernur Jambi yang sebelumnya telah diusulkan menjadi Gubernur Jambi depenitif.

“Usulan tersebut selanjutnya.DPRD Provinsi jambi mengusulkan kepeda Presiden melalui.Menteri Dalam Negeri. Selanjutnya akan terbit Keppres pengangkat wakil gubernur menjadi gubernur. Dan jadwal pelantikan gubernur menyesuaikan jadwal Presiden yang ditetapkan Kementerian Sekretaris Negara,” jelas Bahtiar.

Berikutnya mengenai pengisian wakil gubernur yang kosong, menurut Kapuspen Kemendagri, dilakukan nanti setelah wakil gubernur dilantik sebagai Gubernur Jambi.

Sebagaimana diketahui Zumi Zola kini menyandang status terpidana kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi. Ia sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka usai KPK menangkap sejumlah pejabat Pemprov Jambi melalui operasi tangkap tangan. (PAH)


JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (19/01/2019): PEREDARAN narkoba jenis kokain di Indonesia semakin tak terbedung. Terbukti kian banyaknya artis hingga anak pengusaha yang tertangkap karena memiliki, memakai dan menyimpan narkotika. Badan Narkotika Nasional (BNN) kini fokus mengawasi kokain yang harganya lebih mahal ketimbang sabu-sabu mauupun ekstasi. Juga penggunanya kalangan kelas atas.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol. Arman Depari mengatakan peredaran kokain di Indonesia sudah meluas sejak lima tahun lalu. "Sebelumnya kokain hanya banyak beredar di daerah wisata seperti Bali, NTB dan daerah wisata lainnya yang banyak turisnya. Tapi sekarang sudah berada di mana saja," kata Irjen Arman

Arman mengatakan jaringan pengedar kokain merupakan orang yang pernah tinggal di luar negeri di Amerika dan Eropa. Sebab, narkoba tersebut hanya diproduksi dari luar negeri terutama dua wilayah tersebut.

Sejumlah negara yang memproduksi kokain adalah Kolombia, Peru, Chili, Bolivia, Meksiko, Venezuela, Brasil dan Equador. "Negara yang memproduksi banyak di negara-negara Andean. Terutama yang masuk ke dalam Gold  Golden Peacock di Amerika Latin," ucapnya.

Sedangkan, di kawasan Eropa, kokain banyak diproduksi di Belanda. Bahkan, negara kincir angin itu juga banyak memproduksi ekstasi untuk diselundupkan ke negara lain melalui jaringan mereka. "Maraknya peredaran kokain asal Belanda masuk ke Indonrsia disebabkan tingginya jumlah penerbangan warga negara ini dari sana," ungkapnya.

Hal itu, berbanding lurus dengan potensi peningkatan penyelundupan narkoba. "Sebab, jalur penyelundupan kokain kebanyakan lewat udara. Kalau laut mereka terlalu jauh," ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala BNNP DKI Jakarta Brigadir Jenderal Johny Latupeirissa menjelaskan Indonesia belum bisa memproduksi kokain sendiri. "Jadi sekarang hanya mendapatkan pasokan dari kedua kawasan itu," kata Johny.

Jaringan pengedar kokain di Indonesia pun hanya memilih target pasar menengah atas karena harganya yang mahal. Sehingga peredaran kokain sangat terbatas. Pasar narkoba di Indonesia lebih didominasi peredaran sabu, ekstasi dan ganja. "Pemakainya (kokain) belum banyak karena harganya mahal," ucapnya. Harga kokain di pasaran bisa mencapai Rp 3 juta per gram.

BNN DKI pernah membongkar jaringan pengedar kokain di kawasan Jakarta Utara tahun lalu. Kini BNNP DKI bekerjasama dengan Interpol untuk mengungkap jaringan pengedar kokain di Indonesia. "Sebab, mereka jaringan internasional, terutama yang berasal dari Amerika Latin."

Dalam beberapa bulan terakhir, polisi telah menangkap tiga pengedar dan pengguna kokain baik dari kalangan artis sampai cucu konglomerat. Mereka adalah Richard Muljadi, cucu konglomerat Kartini Muljadi hingga aktor Steve Emmanuel alias Yusuf Iman dan asisten pribadi presenter sekaligus desainer Ivan Gunawan berinisial AJA.

Berdasarkan penyelidikan polisi, pasokan kokain asisten Ivan Gunawan dan Steve Emmanuel diduga berasal dari jaringan yang sama di Belanda. Kokain keduanya merupakan kualitas yang terbaik. (PEH)

 


JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SELASA (15/01/2019): KASUS pengaturan skor pertandingan sepak bola Indonesia, terus bergulir. Pelakunya satu persatu diciduk  Tim Satgas Anti Mafia Bola dan dijebloskan ke penjara. Mengingat, akibat ulah pengatur skor kondisi persepakbolaan di Indonesia tidak pernah maju bahkan tidak pernah menang di pertandingan internasional. Karena ulah pengatur skor yang terus mengakar di tubuh PSSI.

Kini satu lagi ditangkap yakni staf direktur penugasan wasit PSSI berinisial ML. "Satgas melakukan upaya paksa terhadap tersangka ML dan sudah dilakukan penangkapan terhadap ML. Setelah diperiksa langsung ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo di Jakarta, Selasa (15/1).

ML ditetapkan sebagai tersangka karena telah melakukan kompromi dengan wasit untuk memenangkan salah satu klub. ML diketahui bertugas menjadwalkan siapa wasit yang memimpin pertandingan baik di Liga 1, Liga 2 ataupun Liga 3.

Penangkapan ML juga berdasarkan laporan penyuapan Manajer Persibara Banjarnegara Lasmi Indriyani. "Tersangka ini terkait laporan disampaikan saudara Laksmi tentang peran tersangka ML di match fixing  berbagai pertandingan yang saat ini tersangka sudah dilakukan penahanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

Selain itu, bekas Manajer PS Mojokerto Putra Vigit Waluyo juga resmi ditetapkan polisi sebagai tersangka. Vigit ditetapkan tersangka terkait kiprahnya saat menjadi manajer PS Mojokerto. Vigit Waluyo ditetapkan tersangka Satgas Antimafia Bola Polri per Selasa 15 Januari 2019. "VW ditetapkan tersangka hari ini, yang bersangkutan akan dimintai keterangan lebih lanjut terkait match fixing dari Liga 3, terkait promosi PS Mojokerto ke Liga 2," kata Dedi.

Pemeriksaan atas Vigit sempat terhambat lantaran Vigit ditahan oleh PN Sidoarjo terkait kasus hukum lainnya yang dijalani Vigit, yakni kasus korupsi PDAM. Polri harus berkoordinasi dengan Ditjen Permasyarakatan untuk meminta izin pemeriksaan atas Vigit.

Dijelaskan, Vigit disebut berperan bekerja sama dengan tersangka Dwi Irianto alias Mbah Putih yang merupakan Komisi Disiplin PSSI. Mereka bersekongkol dalam mengatur laga yang dijalani PS Mojokerto di Liga 3, agar PS Mojokerto Putra terkualifikasi ke Liga 2. "Keuangan yang sudah diterima sebanyak Rp 115 juta," ujar Dedi.

Dalam perkembangannya, sudah ada 10 tersangka dalam kasus pengaturan skor. Enam tersangka terbaru adalah ML, Vigit, JH, DS, P dan MR, dan Wasit Nuriul Safarid. Empat tersangka sebelumnya adalah anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Johar Lin Eng, mantan anggota Komite Wasit PSSI Priyanto, putrinya Anik Yuni Artikasari dan anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto alias Mbah Putih. (MUS)


JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SELASA (15/01/2019): BADAN Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundukan sabu dan ekstasi yang masuk melalui perairan Aceh. Sebanyak 72 kilogram narkotika jenis sabu dan 2 bungkus berisi ekstasi dari Malaysia itu, kini disita dalam operasi gabungan di Lhoksukon, Aceh Utara.

Deputi Pemberantasan Narkotika BNN Irjen Arman Depari menyampaikan, dalam operasi tersebut 72 bungkus aluminium foil disita. 70 bungkus berisi sabu, sementara 2 bungkus berisi ekstasi. "Kapal yang mengangkut narkotika dan tiga ABK diamankan," kata Arman dalam keterangan tertulis, Selasa (15/1/2019).

Narkotika tersebut dibawa dari Malaysia dan diserahterimakan di tengah laut perbatasan Malaysia dan Indonesia dari kapal ke kapal (ship to ship). "Para penyelundup mengirim lewat kapal ke kapal. Kemudian dibawa ke wilayah Aceh dengan menggunakan kapal kayu bernama KM Karibia," kata jenderal polisi bintang dua ini.

Selain barang bukti narkotika yang ditemukan di bawah kemudi nakhoda kapal, penyidik juga menyita kapal kayu Karibia, GPS dan alat navigasi, telepon genggam, telepon satelit. "Seluruh kegiatan penyelundupan narkoba tersebut dikendalikan oleh napi di Lapas Tanjung Gusta, Medan, atas nama Ramli. Saat ini masih terus dilakukan pengembangan," ungkapnya. (IPE)



SURABAYA, JAVANEWSONLINE.COM, SELASA (15/01/2019): Saat ini Vanessa Angel masih berstatus saksi korban, namun Polda Jatim meyakini artis tersebut berpotensi menjadi tersangka lantaran diduga kuat terlibat dalam kasus prostitusi online. Dari hasil digital forensik yang dikantongi penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, Vanessa Angel mengirim foto dirinya yang tidak senonoh ke mucikari.

Bahkan, penyidik juga memiliki bukti percakapan lewat chating di media sosial (medsos) dengan kata-kata berbau asusila. "VA (Vanessa Angel) tetap berpotensi tersangka. Hampir 20 persen ada bukti bahwa dia diduga terlibat prostitusi online. Ini terus kami dalami," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (15/1/2019).

Jika nanti status Vanessa Angel berubah menjadi tersangka, pasalnya 27 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 yang berbunyi, Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. "Statusnya (Vanessa Angel) masih saksi korban," ujarnya.

Senin kemarin seperti dilansir Sindonews.com, Vanessa Angel kembali menjalani pemeriksaan selama sembilan jam di ruang penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Saat pemeriksaan, Vanessa didampingi kuasa hukumnya, Milano.

Saat keluar ruang penyidik, artis yang sempat menjalin hubungan dengan Didi Mahardika, cucu Presiden pertama RI, Soekarno itu masih menyempatkan diri menjawab pertanyaan awak media.

"Ya, tadi saya sudah diperiksa. Selebihnya saya serahkan ke penyidik, dan selebihnya saya menyerahkan ke kuasa hukum saya. Terima kasih, mohon doanya ya, mohon doanya, makasih, makasih ya mas," kata Vanessa singkat sembari bergegas masuk ke mobil Nissan Elgrand, Senin (14/1). (PEH)


Halaman 1 dari 195