Iklan Banner Atas
Ifah

Ifah

JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, AHAD (21/04/2019) = ISTRI Andre Taulany, Erin Taulany dilaporkan atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik. Laporan tersebut tertuang dalam nomor laporan LP/2372/IV/2019/PMJ/DIT RESKRIMSUS tanggal 21 April 2019.

"Erin Taulany dilaporkan oleh pengacara bernama Muhammad Firdaus Oiwobo. Dilaporkan atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik," kata  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono Argo di Jakarta, Ahad (21/4/2019).

Dalam laporan tersebut, Erin disebut telah mencemarkan nama baik calon presiden nomor urut 02, Prabowo melalui unggahan di akun Instagram-nya. "(Barang bukti yang dibawa) Ada capture unggahan Instagram," ujar Argo.

Menurut Argo, saat ini polisi masih menyelidiki kasus tersebut. Selanjutnya, polisi akan mengklarifikasi laporan tersebut dengan memanggil pihak pelapor, terlapor, dan saksi. "Diklarifikasi itu artinya nanti pelapor akan ditanya yang dilaporkan itu apa, buktinya apa. Lalu, saksi dan pihak terlapor akan dipanggil juga," ujar Argo.

Dalam laporan tersebut, pelapor menilai Erin melanggar Pasal 27 Ayat (3) Jo Pasal 45 Ayat (3) dan atau Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Sementara Juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo, Andre Rosiade mengatakan kubunya tak akan mengambil langkah hukum terhadap istri komedian Andre Taulany, Erin Taulany. Erin sebelumnya dianggap mengunggah sejumlah foto dan tulisan di instastory akun Instagramnya yang dianggap menghina Prabowo.

"Saya rasa tidak perlu kita melakukan langkah hukum. (Ini) orang-orang yang saya rasa tidak perlu kami tanggapi, ya," kata Andre di Jalan Kertanegara, Ahad, 21 April 2019.

Andre mengatakan BPN masih berfokus mengawal perhitungan C1 dan dugaan kecurangan dalam pemilihan umum. Adapun respons terhadap Erin, Andre menyerahkannya kepada para pendukung Prabowo. "Biarkanlah pendukung kami yang menanggapi," kata Andre.

Erin sebelumnya mengunggah beberapa foto Prabowo dengan tulisan yang bernada menyinggung kejiwaan Ketua Umum Partai Gerindra itu pada Sabtu, 20 April 2019. Erin kemudian menjadi sasaran kemarahan warganet. Kendati sudah dihapus, unggahan itu tetap viral. Di Twitter bahkan muncul tanda pagar yang balik menyerang Erin. (IPE)




JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, AHAD (21/04/2019) = JURU bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi - Maruf, Ruhut Sitompul, menantang kubu calon presiden nomor urut 02, Prabowo, untuk membuka data exit poll yang memenangkan Prabowo dalam Pilpres 2019. "Katanya menang. Mana? Buka dong data exit poll-nya," kata Ruhut di Rumah Aspirasi, Jakarta, Ahad (21/04/2019).

Selama penyelenggaraan pemilu, lanjut Ruhut, hasil quick count tidak pernah melenceng jauh dari real count Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena itu, Ruhut  mempertanyakan langkah kubu Prabowo yang menentang hasil quick count sejumlah lembaga survei yang mengunggulkan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin. "Kan, mereka menantang itu semua enggak benar. Kemarin sudah dibuka lho sama kawan-kawan quick count. Semua lembaga survei profesional sudah buka. Nyatanya mereka tidak datang," katanya.

Menurut Ruhut, masyarakat kini tidak perlu khawatir dengan adanya perbedaan hasil perolehan suara. Sebab, kata dia, sejak awal sudah jelas bahwa Prabowo-Sandiaga telah kalah. "Rakyat kita cerdas kok. Jadi enggak usah khawatir," ujar dia.

Sejauh ini, 12 lembaga survei merilis hasil quick count yang menunjukkan Jokowi - Maruf Amin unggul di Pemilihan Presiden 2019. Rata-rata lembaga survei itu menyebut Jokowi unggul pada kisaran 54-55 persen. Namun, hasil tersebut dibantah Prabowo. Ia menyebut lembaga survei yang mengunggulkan Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah tukang bohong yang sudah tidak bisa lagi dipercaya rakyat.

Atas dasar itu, Prabowo meminta agar lembaga survei pindah ke negara atau benua lain, salah satunya Antartika. "Hei tukang bohong, rakyat tidak percaya sama kalian. Mungkin kalian harus pindah ke negara lain. Mungkin kau bisa pindah ke Antartika," ujar Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 19 April 2019.

Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengatakan, sebuah lembaga tentu mempertaruhkan nama ketika merilis hasil hitung cepat kepada publik. Hasil yang diumumkan juga tidak sembarangan, melainkan berbasis C1 asli yang dimasukkan dengan metode yang bisa diuji.

"Quick count tidak pernah bohong dan sejak dulu hasilnya terbukti tidak pernah jauh berbeda dengan real count. Presisinya hampir sama karena berbasis C1," kata Hendri di dalam sebuah acara diskusi di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu, 20 April 2019. (TMP)




JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (20/04/2019) = Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan akhir pekan dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4). Calon presiden nomor urut 01 itu ditemani oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dan CEO of NET. Mediatama Televisi Wishnutama.

Jokowi datang ke Grand Indonesia pada pukul 13.30 WIB dengan mengenakan setelah baju putih dan celana hitam. Kedatangan Jokowi tentu saja membuat geger pengunjung Grand Indonesia. Ketika datang, ia langsung mendapat sambutan riuh dari pengunjung. Mereka kompak meneriakkan "Jokowi, Jokowi" hingga "Presiden, Presiden".

Jokowi dan tim bersantap siang di lantai lima Grand Indonesia. Mantan Walikota Solo itu memilih menu Nasi Padang untuk santap siangnya. Menu-menu yang dipilih Jokowi untuk santap siang antara lain, rendang, ayam gulai, rendang, udang, kentang balado, dan sayur daun singkong.

Usai santap siang, Jokowi berkeliling Grand Indonesia. Pengunjung tak henti-hentinya meneriakkan Jokowi, Jokowi hingga Presiden, Presiden. Tak hanya itu, mereka mengajak orang nomor satu di Indonesia itu untuk berswafoto. Di setiap lantai, pengunjung Grand Indonesia tampak mengantre untuk berswafoto dengan Jokowi.

Riuh teriakan pengunjung menyambut setiap langkah Jokowi. Ia meladeni keinginan para masyarakat untuk sekadar berswafoto.

Erick Thohir mengatakan kunjungan Jokowi kali ini tidak direncanakan. "Makan siang saja, tadi kan dari meeting (rapat) terus ternyata beliau belum makan. Ayok kita makan saya tanya Di mana pak? dia jawab Ya mal di sana kan deket," katanya, Sabtu (20/4).

Jokowi berencana untuk pulang ke Istana Bogor dengan menggunakan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT). "Beliau mau makan siang tapi beliau nanti mau rencana ke MRT terus pulang ke Bogor. Sampai Lebak Bulus habis itu naik mobil, tidak tahu nanti kalau berubah naik kereta lagi," katanya.  (IPH)


BATAM, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (20/04/2019) = KAPOLDA Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto bersyukur sekaligus mengucapkan rasa terima kasih pada semua pihak yang telah menciptakan rasa aman dan damai di Kepri saat Pemilu 17 April 2019.

"Terima kasih kepada masyarakat Kepri, terima kasih untuk rekan-rekan TNI dan seluruh jajaran anggota Polri juga Pemerintah Daerah, Penyelenggra Pemilu yakni KPU dan Bawaslu juga segenap Stakeholder yang ada di Kepri karena Pemilu didaerah kita berjalan aman dan damai," ujar Kapolda Kepri usai Salat Jumat berjamaah di Masjid Agung, Batam Center, Batam, Jumat (19/4).

Menurutnya, situasi yang aman dan damai saat Pemilu di Kepri ini merupakan gambaran sebuah kedewasaan dari masyarakat Kepri secara umum. Sehingga di Kepri ini dapat berhasil mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibas yang aman juga kondusif. "Sampai sejauh ini kondisi Kamtibmas di Provinsi Kepri pada pelaksanaan Pemilu dan Pileg 2019, berjalan dengan aman, damai dan kondusif," ujarnya.

Jenderal Bintang Dua ini mengatakan, untuk prosesi Pemilu yang telah dilaksanakan pada 17 April 2019 kemarin, di Kepri ada 5.477 TPS dan terdata jumlah pemilih sebanyak 1.229.424.

Untuk kotak suara saat ini sebanyak 27.364 sudah diserahkan dari KPPS ke PPK dengan jumlah PPK sebanyak 70 yang tersebar diseluruh Provinsi Kepri. "Untuk tingkat partisipasi masyarakat hadir di TPS ada sekitar 80 persen, dan ini cukup besar dibandingkan pada Pemilu sebelumnya," ujarnya seperti dilansir Sindonew, Sabtu (20/04)

Kapolda berharap agar didalam pelaksanaan penghitungan suara, agar semua pihak bisa sama sama bekerja sama dan apabila ada pelanggaran diharapkan dapat ditempu dengan cara-cara sesuai dengan mekanisme yang baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kondisi Kamtibmas di Bunda Tanah Melayu, Bumi Segantang Lada ini.

"Apabila ada satu permasalah, sudah tentunya ada mekanisme yang mengatur, dengan bisa disampaikan kepada pihak DKPP melalui perpanjangan melalui Tim Pemeriksa Daerah melalui Bawaslu bila ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK)," pungkasnya. (IPE)


SYDNEY, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (20/04/2019) = KANDIDAT presiden dalam pemilu Indonesia 2019, Prabowo Subianto, dikritik para pengamat dan pakar Australia setelah mendeklarasikan kemenangan versi hasil real count internalnya. Para pakar menggambarkan apa yang dilakukan mantan jenderal itu sebagai delusi.

Kandidat presiden dari kubu oposisi itu mengklaim menang pemilihan presiden yang digelar 17 April lalu. Prabowo awalnya mengklaim meraih 55 persen suara versi hasil real count internal. Hanya dalam beberapa jam kemudian, angka itu berubah menjadi 62 persen.

Versi hasil quick count sejumlah lembaga survei kandidat presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) unggul dengan angka 54 hingga 55 persen suara. Sedangkan Prabowo memperoleh 44 hingga 45 persen suara.

Hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berlangsung, meski publik bisa melihatnya secara langsung di situsnya, pemilu2019.kpu.go.id. Hingga Sabtu (20/4/2019) pukul 01.14, Jokowi - Maruf Amin memperoleh 54,7 persen. Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 45,3 persen. Angka ini baru sementara, yakni 36.219 dari 813.350 TPS (4.45306 persen). "Saya akan menjadi presiden untuk semua orang Indonesia," kata Prabowo saat deklarasi kemenangan.

Kritik terhadap Prabowo salah satunya muncul dari pakar Australian National University (ANU). "Dia adalah sosok Trumpian yang hidup dalam gelembung kebesaran imajiner yang diciptakan sendiri," kata Marcus Mietzner, dari ANU College of Asia and Pacific, seperti dikutip ABC.net.au.

Trumpian adalah sebutan untuk sosok yang dianggap memiliki kemiripan sifat dengan Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. "Setiap gangguan pada dunia fantasi itu bertemu dengan tambahan manipulatif lebih lanjut pada realitasnya sendiri," ujarnya.

Prabowo telah mengecam sejumlah lembaga survei yang dia anggap bias. Dia bahkan menyerukan para lembaga survei untuk pindah ke Antartika setelah pihaknya kalah dalam hasil quick count oleh sejumlah lembaga survei.

Ben Bland, direktur proyek Lowy Institute di Asia Tenggara, mengatakan pernyataan Prabowo merupakan kombinasi kebanggaan yang terluka dan upaya pengungkitan politik. "Ini sebagian pola dalam politik Indonesia untuk menyelamatkan muka, dengan mengklaim Anda menang selama ini. Dia benar-benar percaya itu adalah takdirnya untuk memerintah Indonesia," ujarnya.

"Tetapi jika Anda memprotes dan menantang hasilnya, itu adalah cara untuk meningkatkan daya ungkit politik Anda pada saat pemerintah berikutnya memikirkan bagaimana mengatur kabinetnya," imbuh kritik Bland. "Itu terlihat agak absurd bagi dunia luar. Tapi di dalam negeri orang-orang memaafkannya." sambungnya. (ABC)


JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, SABTU (20/04/2019) = QUICK count Pemilu 2019 yang dilakukan lembaga survei dengan harapan agar masyarakat tahu lebih awal hasil pencoblosan, ternyata membikin kubu yang kalah malah berang, emosi, sakit hati dan melakukan ancaman maupun intimidasi terhadap lembaga survei. Karena itu,
Polisi mempersilakan kepada pegiat di lembaga survei untuk melaporkan jika mendapatkan ancaman dari pihak lain.

"Silakan laporkan jika mendapat ancaman yang bisa berupa lisan, tertulis, ataupun verbal yang disampaikan secara langsung." kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo

Namun, sambung jenderal bintang satu, laporan harus disertai bukti sehingga bisa diproses atau ditindaklanjuti. "Harus ada bukti yang dibawa biar bisa diproses," ujarnya sambil menambahkan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan perihal ancaman terhadap lembaga survei itu.

Sebelumnya, Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya lewat akun twitternya @yunartowijaya mengaku mendapat berbagai ancaman, baik lewat telepon maupun WhatsApp. "Sampai hari ini ancaman baik lewat telepon dan WA ke saya enggak berhenti," kata Yunarto dalam cuitannya.

Yunarto mengatakan telah mencatat semua nomor telepon yang mengancamnya itu. Ia juga menyatakan telah meng-capture isi WhastApp itu.
Kemudian dalam cuitannya yang lain, Yunarto mengaku telah membuat BAP ke Bareskrim. Cuitan itu merupakan balasan dari Yunarto kepada salah satu pengikutnya yang meminta agar melaporkan ke pihak kepolisian. "Udah buat BAP di Bareskrim," ucap Yunarto dalam cuitannya.

Sementara itu, Koalisi Aktivis Masyarakat Anti Korupsi dan Hoaks (KAMAKH) melaporkan enam lembaga survei ke Bareskrim Polri atas dugaan melakukan kebohongan publik.

Keenam lembaga survei yang dilaporkan tersebut adalah Indo Barometer, Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Charta Politika, Poltracking, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Selain Perludem, lembaga survei yang dilaporkan itu telah merilis hasil quick count yang menetapkan Jokowi-Maruf sebagai pemenang Pilpres 2019. Hitung cepat dari Indo Barometer, misalnya, mencatat Jokowi-Maruf meraih 54,35 persen, Prabowo-Sandiaga 45,65 persen.

Kuasa hukum KAMAKH Pitra Romadoni mengatakan laporan itu dilakukan karena enam lembaga survei tersebut menampilkan hasil survei yang memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Padahal, menurut dia, berdasarkan data dari ribuan TPS pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang.

"Hasil survei ini jelas-jelas membingungkan masyarakat kita, kalau kita berpatokan kepada quick count, kebenarannya itu belum bisa dipertanggungjawabkan secara penuh. Padahal data KPU bilang mereka mendapatkan ribuan TPS memenangkan Prabowo dengan persentase 56 persen tadi malam," tuturnya, di Bareskrim Polri, Kamis (18/4). (PEH)


MAKASSAR, JAVANEWSONLINE,COM, JUMAT (19/04/2019) = Dua terdakwa pembunuhan terkait narkoba, yakni Andi Muhammad Ilham Agsari alias Ilho dan Sulkifli Amir alias Ramma divonis hukuman mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar, Kamis (11/4/2019).

Kedua anggota kartel narkoba ini diberi batas waktu untuk mengajukan banding, dua terdakwa pembunuhan satu keluarga di Makassar mengajukan banding di hari terakhir batas waktu yang diberikan hakim saat pembacaan putusan.

Dua terdakwa diberi batas waktu tujuh hari untuk mengajukan banding atas putusan tersebut. "Di hari terakhir kami menyatakan banding. Artinya sudah memenuhi unsur, dan juga saya telah laporkan ke pihak PN Makassar," kata Herling M Warouw, penasihat hukum kedua terdakwa, Jumat (19/4/2019).

Herlin mengatakan, pernyataan banding itu disampaikan langsung kliennya saat ditemui di Rutan Makassar. Dengan pengajuan banding tersebut, pihaknya akan memasukkan nota memori banding yang berisi keberatan atas hukuman mati yang diberikan hakim kepada kliennya.

Namun ia mengakui masih akan melengkapi berkas-berkas yang dijadikan memori banding tersebut. "Untuk memorinya tidak ada batas waktu kapan mau diberikan, biar satu bulan tidak apa-apa asalkan menyatakan banding satu minggu sesudah putusan. Saya belum terima putusan lengkap harus PH-nya terima dulu putusannya baru dibuatkan memori," paparnya seperti dilansir Kompas.com, Jumat (19/4).

Secara terpisah, Jaksa Penuntut Umum Tabrani menyatakan siap melayangkan kontra memori banding jika dua terdakwa pembunuhan tersebut melanjutkan kasusnya ke Pengadilan Tinggi Makassar.

Namun ia mengaku pihaknya belum menerima informasi dua eksekutor pembakaran itu telah mengajukan banding. "Sesuai aturan, terdakwa memang diberikan kesempatan untuk melakukan upaya hukum atas putusan tersebut," kata Tabrani.

Bunuh 6 orang

Dalam putusan yang dibacakan oleh hakim ketua Supriyadi, keduanya dinyatakan sengaja melakukan pembunuhan berencana berdasarkan keterangan para saksi, alat bukti berupa hasil visum dan pembakaran, serta pengakuan terdakwa. Kedua terdakwa dikenai Pasal 340 KUHP karena telah menghilangkan enam nyawa di Jalan Tinumbu Lorong 166B, Kecamatan Tallo, Makassar pada 6 Agustus 2018 lalu.

Kasus pembunuhan itu sendiri bermula ketika Ahmad Fahri, salah satu korban memiliki utang hasil penjualan narkoba sebesar Rp 29 juta kepada Akbar Daeng Ampuh, salah satu kartel narkoba yang saat itu mendekam di dalam penjara.

Karena tak kunjung membayar, Akbar geram dan memerintahkan kedua terdakwa, Ilham dan Sulkifli Amir, untuk membunuh Ahmad Fahri yang kala itu hendak pergi ke Kendari. Senin (6/8/2019), Ilham dan Sulkifli Amir diperintah Akbar untuk membakar rumah milik Sanusi, kakek Fahri karena mengetahui Fahri ada di dalamnya.

Kebakaran pun terjadi dan menghanguskan rumah milik Sanusi. Enam orang tewas dalam pembunuhan tersebut, termasuk Ahmad Fahri dan Sanusi serta empat keluarga lainnya, yakni Bondeng (nenek Fahri), Musdalifah, Namira, dan Hijas. (IPH)


JAKARTA, JAVANEWSONLINE,COM, JUMAT (19/04/2019) = MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin langsung operasi pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) di Natuna Utara, Kepualauan Riau, pada 14-15 April 2019. Hasilnya, petugas berhasil menghentikan tujuh kapal ikan asing berbendera China.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agus Suherman mengatakan, Menteri Susi Susi terjun langsung melakukan operasi pengawasan dengan menggunakan KRI Usman Harun milik TNI Angkatan Laut (TNI AL).

Selama operasi berlangsung Menteri Susi didampingi Komandan KRI Usman Harun Letkol Laut Himawan. Dalam operasi tersebut, diamankan tujuh kapal ikan asing berbendera China. Namun, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ketujuh kapal tersebut dalam pelayaran menuju ke Mozambik dan tidak didapatkan dugaan melakukan kegiatan illegal fishing.

Selama di atas KRI Usman Harun, Menteri Susi juga berkesempatan memotivasi para prajurit TNI AL yang bertugas di kapal untuk terus bekerja penuh semangat mewujudkan kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Menteri Susi juga tak lupa menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh awak KRI Usman Harun atas kerja kerasnya menangkap kapal-kapal perikanan ilegal di Laut Natuna Utara.

"Saya bangga atas kerja keras para petugas di laut yang gagah berani menangkap kapal asing ilegal, walaupun medan dan tantangan yang dihadapi tidak mudah," ungkap Menteri Susi, melalui siaran pers, Jumat (19/4/2019).

Menteri Susi pun menyampaikan pemerintah memiliki tujuan yang sama untuk memberantas illegal fishing dari perairan Indonesia agar sumber daya ikan dapat terus dinikmati oleh generasi saat ini dan generasi yang akan datang. "Kami mengajak kepada seluruh awak KRI Usman Harun untuk terus bekerja penuh semangat sesuai dengan peran yang dimiliki masing-masing," lontarnya. (PAH)


JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, JUMAT (19/04/2019) =  Kegagalan Juventus melangkah ke semifinal Liga Champions berbuntut pada kabar yang menyebutkan Cristiano Ronaldo akan meninggalkan klub juara Liga Italia pada akhir musim mendatang. Maksud Juventus mendatangkan Ronaldo sebagai magnet trofi Liga Champions tidak berhasil. Bianconeri bahkan gagal masuk ke semifinal Liga Champions musim ini setelah takluk dari Ajax Amsterdam.

Setelah kedatangan Ronaldo, Juventus bahkan tidak hanya gagal di pentas Eropa tetapi juga di Italia. Dalam empat musim belakangan, klub asal Turin itu berhasil meraih meraih trofi Liga Italia dan Coppa Italia. Sementara musim ini, Juventus gagal mempertahankan gelar Coppa Italia setelah kalah dari Atalanta.

Media Italia Corriere della Sera menyebutkan Ronaldo yang kadung kesal berencana mengakhiri kebersamaan dengan Juventus pada akhir musim ini. Sementara surat kabar Italia lainnya La Repubblica menyebut pemain asal Portugal itu tidak akan menuntaskan kontrak dengan Juventus yang akan berakhir pada 2022.

"CR7 sepertinya tidak akan menyelesaikan kontrak. Musim depan bisa jadi merupakan yang terakhir di Italia," sebut La Repubblica dikutip dari AS.

Ronaldo memiliki peran besar pada keberadaan Juventus di Liga Champions musim ini, khususnya selepas fase grup. Juventus dapat menundukkan Atletico Madrid berkat hattrick Ronaldo pada leg kedua perdelapan final, setelah kalah 0-2 pada leg pertama.

Pemain yang meraih gelar perdana Liga Champions bersama Manchester United itu kemudian mencetak gol dalam dua pertandingan perempat final melawan Ajax. Ronaldo dan Liga Champions memang cukup lekat, terlebih berkat tiga gelar beruntun sejak musim 2015/2016.

Lima kali mengangkat trofi Si Kuping Lebar, Ronaldo merupakan pemain paling sukses di era Liga Champions. Namun jika dibandingkan dengan para pemain di era Piala Champions, kapten timnas Portugal itu masih kalah dibanding Paco Gento. (NNG)


JAKARTA, JAVANEWSONLINE.COM, JUMAT (19/04/2019) = Seluruh umat Kristiani bersukacita merayakan hari kebangkitan Kristus atau Paskah, Jumat (19/04/2019). Tentu saja berbagai perlengkapan sudah disiapkan untuk menyambut hari besar ini.

Hari Paskah tentu identik dengan telur, berbagai macam dekorasi hingga hidangan, tentu akan didominasi oleh telur. Namun, nyatanya tidak hanya telur. Sama halnya dengan berbagai hari besar lainnya, perayaan Paskah juga pasti diramaikan berbagai kuliner atau makanan lezat dan unik.

Paskah juga banyak dinantikan anak-anak, karena akan ada banyak makanan manis. Nah, penasaran apa saja makanan khas perayaan Paskah? Berikut sejumlah makanan lezat khas Paskah dari berbagai penjuru dunia.

#. Simnel Cake dan Hot Cross Buns dari Inggris
Awalnya kue simnel adalah kue buah yang dimakan pada hari Minggu selama pra-Paskah di seluruh penjuru Inggris. Bagian atas kue ini dilapisi dengan lapisan marzipan panggang dan 11 atau 12 bola-bola marzipan. Bola-bola tersebut berfungsi untuk merepresentasikan 12 apostel.
Satu lagi kudapan khas Paskah dari Inggris. Roti manis berbumbu ini, secara tradisional dimakan pada Jumat Agung untuk menandai akhir dari masa pra-Paskah. Kegiatan ini telah menjadi tradisi Paskah selama berabad-abad lamanya. Kismis atau anggur kering biasanya digunakan untuk menghias roti, dan lapisan gula digunakan untuk membuat salib di atasnya. Lapisan tersebut dibuat untuk merepresentasikan penyaliban Yesus.

#. Torta Pascualina dari Argentina
Pascua adalah bahasa Spanyol dari Paskah, jadi Tarta Pascualina memiliki arti "Kue Tar Saat Paskah." Pai gurih ini diisi dengan ricotta, telur rebus, bayam, artichoke, dan peterseli. Makanan ini merupakan hidangan umum selama pra-Paskah, karena hidangan ini tidak memiliki daging. Sebagai gantinya, ada banyak telur yang digunakan dalam membuat hidangan ini, telur-telur tersebut merepresentasikan kebangkitan Yesus Kristus.

#. Capirotada dari Meksiko
Capirotada merupakan roti puding yang disajikan pada Jumat Agung. Resep untuk capirotada ini sangat bervariasi pada berbagai negara, tetapi biasanya hidangan ini dibuat dari bolillo (roti yang mirip dengan baguette). Bolillo yang digunakan biasanya telah direndam dalam sirup yang terbuat dari gula, batang kayu manis, dan cengkeh. Taburan yang biasanya digunakan adalah kacang, buah kering, dan taburan permen kecil. Capirotada dibuat untuk merepresentasikan peristiwa penyaliban: batang kayu manis merepresentasikan salib, cengkeh merepresentasikan paku, dan roti merepresentasikan tubuh Kristus.

#. Fanesca dari Ekuador
Fanesca adalah sup hangat yang terdiri dari berbagai biji-bijian dan kacang-kacangan serta bacalao, ikan cod kering yang telah diasinkan. Bahan yang digunakan memang berbeda di tiap rumah, tetapi biasanya hidangan ini menggunakan kacang fava, labu, jagung, beras, bawang putih, bawang merah, kacang polong, dan susu. Idealnya, ada 12 jenis kacang yang berbeda digunakan untuk membuat sup ini. 12 kacang tersebut digunakan untuk merepresentasikan 12 apostel, sedangkan bacalao merepresentasikan Yesus.

#. Pashka dari Russia
Dibuat dengan keju cottage dan krim keju, pashka adalah hidangan penutup gurih yang bisa dimakan dengan atau tanpa roti. Gundukan keju sering kali dihiasi dengan buah kering dan huruf XB, yang memiliki arti "Kristus telah bangkit."

#. Le gigot d’agneau Pascal – Prancis
Prancis memiliki resep spesial untuk merayakan Paskah, salah satunya masakan kaki domba atau lebih dikenal dengan nama Le Gigot d’Agneau Pascal. Meski namanya sangat sulit, tetapi ternyata resepnya sederhana. Hanya dengan daging kaki domba, diberi bumbu rempah-rempah, kemudian dipanggang. Tinggal disajikan, deh!

#. Advocaat – Belanda
Bukan seperti makanan pada umumnya, advocaat justru lebih mirip eggnog. Makanan ini terbuat dari  telur, gula, dan brendi. Di Belanda, advocaat biasa disajikan saat Paskah. Mereka juga menikmati advocaat sebagai topping untuk waffle.

#. Colomba di Pasqua – Italia
Roti manis satu ini merupakan makanan umum untuk hari libur di Italia. Jika ada panettone saat Natal, maka ada colomba di Pasqua, Italia, saat Paskah. Bentuk roti ini seperti burung merpati yang diisi dengan manisan buah, sedangkan di atasnya diberi topping almond dan gula sebelum dipanggang. Bentuk merpati ini melambangkan simbol perdamaian.

#. Tsoureki – Yunani
Tsoureki merupakan roti manis khas Yunani. Bentuknya seperti roti yang dikepang pada umumnya. Roti ini dikepang tiga sebagai lambang Tritunggal Maha Kudus. Selain itu, di atasnya diletakkan telur puyuh rebus yang berwarna merah yang melambangkan darah Kristus.

#. Chervil soup – Jerman
Di Jerman, Kamis sebelum Paskah dikenal sebagai Kamis Putih atau Kamis Hijau, yang dinamakan Grundonnerstag. Tak heran kalau di Jerman ada tradisi mengonsumsi makanan hijau pada hari itu. Salah satu makanan hijau yang sangat terkenal saat Paskah adalah sup sederhana yang terbuat dari seledri dan peterseli. Unik banget kan?

#. Baked ham – Amerika Serikat
Banyak keluarga di Amerika Serikat menikmati ham panggang saat Paskah. Sebelum menjadi ham panggang yang enak, hewan disembelih dahulu pada musim gugur, dan dimasukkan ke dalam kulkas hingga Paskah. Kemudian, barulah diolah saat Paskah tiba. Gak cuma dipanggang saja, ham ini juga ditambahkan dengan madu, gula merah, serta irisan nanas, supaya lebih terasa. (FAH)

#. Babka wielkanocna – Polandia
Meski Babka telah menjadi makanan penutup terfavorit di banyak negara, tapi kue tradisional ini telah menjadi sajian wajib saat hari Paskah di Polandia selama bertahun-tahun. Biasanya di atas kue ini diberi taburan gula halus.


Halaman 1 dari 218